Minggu, 17 April 2011

MGMP BAHASA JAWA TINGKAT MTs PROVINSI DIY “ GELAR WOKSHOP SESORAH & NEMBANG “

 Saat ini banyak anak yang tidak dapat menggunakan bahasa jawa secara baik dan benar dalam kehidupan keluarga, hal ini berimbas pada penguasaan unggah ungguh yang kurang pada diri anak. Hal inilah yang mendasari Kemenag Provinsi DIY mendorong kepada guru-guru Bahasa Jawa tingkat MTs untuk menggiatkan MGMP sebagai wadah para guru dalam rangka meningkatkan profesionalismenya sebagai sebagai guru Bahasa Jawa.
Hal tersebut disampaikan Kasi Kuruikulum Bidang Mapenda Kemenag Provinsi DIY , Imam Khoiri, S.Ag saat membuka workshop Sesorah, Pranatacara dan Nembang di Aula MTs Mu`allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu 5 Februari 2011, didampingi Kasi Mapenda Kota Yogyakarta, Hj. Sulasmi, MA dan Kepala MTs Mu`allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Dra. Fauziah Tri Astuti, MA.
Menurut Ketua Panitia Untung Nugroho, R. S.Pd, workshop diikuti 35 guru Bahasa Jawa MTs utusan dari 4 kabupaten/ kota se DIY dengan menghadirkan nara sumber : Suwarna Pringgawidagda, M.Pd dan Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum dari FPBS UNY.

Dalam ceramahnya Suwarna Pringgawidagda menyampaikan bahwa untuk menjadi pranata cara yang professional dibutuhkan  Niat,Tekad,Ragat serta kemampuan Wicara, Wiraga, Wirasa dan Wirama, bahkan terkadang harus ditambah Nekad. Prospek pranatacara ke depan masih cukup bagus, untuk itu dia memotivasi kepada semua peserta untuk dapat belajar menjadi pranatacara atau minimalnya bisa memotivasi siswanya dalam pembelajaran. Oleh Suwarna peserta diberikan contoh-contoh langsung bagaimana seorang pranatacara untuk acara informal, maupun yang resmi dalam penganten.
Sementara Suwardi Endraswara yang kebagian mengisi tembang Jawa, mengajak peserta langsung praktek nembang, dengan mengenalkan titi laras slendro dan pelog, mengenalkan tembang dolanan serta prakten nembang Asmaradana.
Seluruh peserta antusias mengikuti rangkaian Workshop mulai jam 9 s.d jam 15.30. Di akhir acara diadakan sambung rasa dengan pengurus, yang intinya ke depan MGMP akan mengadakan pertemuan secara berkala dan mengadakan diklat sebagai tindak lanjut dari worshop tersebut.
Pengirim : Drs. Sutanto, Ketua MGMP Bahasa Jawa MTs se Bantul (peserta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar